RINGKASAN
RANCANG BANGUN SISTEM SWALAYAN PINTAR (SMART MART) MENGGUNAKAN SMARTPHONE
Muhammad Wildannafi' Musthofa /1631130037/ wildannafi0897@gmail.com
Perkembangan teknologi pada zaman yang serba digital saat ini, semakin memudahkan manusia melakukan aktivitas kesehariannya. Hal tersebut menjadikan masyarakat pada umumnya sangat bergantung dengan kemajuan teknologi. Salah satu bentuk pengimplementasian perkembangan teknologi pada keseharian manusia yaitu hadirnya teknologi pada pasar modern, khususnya swalayan seperti supermarket maupun minimarket dengan bentuk pelayanan yang berbeda. Berawal dari minat masyarakat untuk berbelanja di supermarket yang jauh lebih tinggi daripada berbelanja di pasar tradisional yang menyebabkan padatnya pengunjung sehingga terjadi antrian panjang saat akan membayar, maka dari itu penulis bermaksud untuk membuat suatu alat yang memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk mengurangi kepadatan antrian saat akan membayar di kasir dengan menggunakan smartphone
Teknologi ini merupakan sebuah metode yang memanfaatkan kecanggihan dari sistem android pada smartphone yang tentunya hampir seluruh masyarakat memilikinya. Pada smartphone yang berbasis android ini akan diterapkan sebuah aplikasi yang dapat berfungsi untuk membantu pengunjung dalam mendapatkan kemudahan sistem pelayanan pada suatu swalayan. Sistem ini terprogram dalam bentuk software Android Studio dengan memanfaatkan media database yang menginputkan harga barang dan jumlah barang yang tersedia. Dalam proses pembacaan jenis barang pada sistem ini, memanfaatkan metode barcode reader pada smartphone dengan menscan barang dan secara otomatis data akan terkirim ke database melalui wireless local network kemudian akan terdata keterangan barang beserta jumlah yang akan di beli dan total harga yang harus dibayarkan. Sedangkan pada proses pembayarannya pada metode ini di terapkan sistem E-Money yang di aplikasikan pada kartu yang telah dirancang.
Teknologi ini disusun menggunakan software android studio dengan mengetahui total jumlah barang yang harus dibayarkan dan server yang menerima data pembelanjaan ini adalah aplikasi yang di pasang pada PC kasir menggunakan software MySQL dengan bahasa pemrogaman PHP.
Kata kunci : Software Android Studio, Database, Barcode Reader, wireless local network, Software MySQL